Jetor Sawah(Traktor sawah) Alat bajak pertanian

Jetor (Traktor)

Kami menyebutnya jetor sawah atau yang akrab disebut dikalangan luas traktor sawah. Jetor biasa di digunakan petani untuk membantu pekerjaan disawah, dengan adanya jetor sawah(traktor) ini dapat mempercepat pekerjaan para petani.

Traktor jetor bisa di gunakan disawah ataupun digunakan untuk mengangkut hasil panen padi dan hasil perkebunan lainnya.

Jetor Merupakan alat yang kami(petani) pakai dalam mengolah tanah sebelum masa tanam padi, mulai dari me luku(membalik tanah) hingga menghancurkan tanah(glebeg) sampai tanah siap tanam

Berikut ini langkah dan kegunaan jetor sawah atau traktor sawah untuk mengolah tanah sebelum padi ditanam:

-Luku(membalikkan tanah)

Proses meluku adalah tahapan awal dari proses pengolahan tanah sawah, proses ini dilakukan dengan cara membalikkan tanah yang dimana bertujuan untuk mematikan dan juga sekaligus membusukkan gulma dan juga sisa dari tanaman padi sebelum nya yang nantinya bisa menjadi pupuk alami buat tanaman padi

-Glebeg

Proses ini bertujuan untuk menghancurkan tanah dari hasil luku, disaat ini juga sawah harus di aliri air atau sawah harus dalam keadaan basah karna nantinya tanah sawah akan di jetor menggunakan glebeg sampai tanah hancur seperti bubur.

-Perataan (peres/papan)

Seperti yang tertulis, proses ini bertujuan untuk meratakan permukaan tanah yang sudah di glebeg. Karena hasil dari glebeg akan menimbulkan tanah timbun, maka dilakukan lah proses perataan. Tujuan perataan ini sangat berguna jika padi akan di isi air. Jika permukaan sawah tidak rata maka air akan bisa merata yang berakibat tidak ratanya pemupukan.

Itu dia tadi tadi kegunaan jetor sawah untuk pertanian di padi sawah, Untuk mesin jetor biasa menggunakan 3 merk mesin yaitu: yanmar, kubota, dongfeng dengan tenaga sedang dengan daya 6-15 hp(daya kuda). ada banyak lagi kegunaan traktor yang biasa digunakan di masyarakat pedesaan, traktor jetor biasa juga digunakan untuk mengangkut gabah padi dari sawah dan hasil kebun, bisa juga jadi kendaraan antar desa hehehe.

Itu dia ulasan dari jetor sawah yang biasa disebut traktor sawah, alat ini memang sangat handal di lumpur, tenaganya sangat besar dan pekerjaan bertani akan sangat cepat dilakukan berkat alat jetor ini, jika ada pertanyaan silahkan bertanya dikolom komentar, akhir kata terimakasih dan selamat bertani :)


0 Response to "Jetor Sawah(Traktor sawah) Alat bajak pertanian"

Post a Comment

Jadilah Komentator Yang Baik Dan Bijak
.
.
Jangan lupa centang NOTIFY ME untuk mendapat balasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel